STUDI TIPOLOGI KARYA DESAIN ARSITEK REMMENT KOOLHAS

Main Article Content

Susana Maria Suratama Dian Erlina Wati Johannis

Abstract

Proses seorang arsitek dalam merancang karya-karya desainnya, tentulah didasari teori atau konsep yang kuat. Dan dari teori, metode dan bagaimana mengaplikasikannya dalam rancangan itu dapat dilihat kekhususan atau keunikan si arsitek dibandingkan dengan arsitek lainnya. Remment Koolhaas, seorang theorist, urbanist, kritikus dan arsitek Belanda, seringkali berbicara mengenai perubahan budaya pada masyarakat kota. Pengaruh kapitalisme dan liberalisme terhadap kehidupan perkotaan secara implisit menjadi sasaran kritik-kritiknya. Kritiknya, melalui berbagai karya buku, menjadi sindiran terhadap kehidupan masyarakat kota itu sendiri. Koolhaas mendapat julukan sebagai seorang yang cynical. Kritik-kritik Koolhaas tidak hanya berhenti pada tulisan saja. Hal tersebut berlanjut dalam desain karya-karya arsitekturnya sebagai “content” yang terkamuflasekan, tetap sebagai sindiran terhadap kehidupan masyarakat kota itu sendiri. Penelitian ini betujuan untuk mendapatkan Tipologi dari Karya Desain Arsitek Remment Koolhaas berupa Teori/Konsep, Metode, dan Aplikasi Desain yang bermanfaat bagi Preseden untuk kegiatan pendidikan dan profesional bidang arsitektur. Penelitian ini mengggunakan metode content analysis dengan mempelajari pemikiran, teori/konsep, metode, dan aplikasi desain arsitek Remment Koolhas lewat literatur yang terbagi dalam : Kelompok I, berupa karya-karya teoritis dari Remment Koolhas dan Kelompok II, berupa karya-karya arsitektural. Hasil penelitian menunjukkan Koolhaas sendiri memasukkan dan melakukan kamuflase terhadap “prinsip-prinsip pemikirannya” dalam desain, yang disebut “content camouflage”. Dengan menggunakan 3 (tiga) metode yang sering digunakan yaitu : 1) Augmented space ; 2) Cross programming ; dan 3) Programmed-free programmed space. Metode-metode ini terlihat sangat konsisten digunakan Remment Koolhas dalam karya-karya desain arsitekturnya.

Article Details

How to Cite
SURATAMA, Susana Maria; JOHANNIS, Dian Erlina Wati. STUDI TIPOLOGI KARYA DESAIN ARSITEK REMMENT KOOLHAS. JUTEKS : Jurnal Teknik Sipil, [S.l.], v. 2, n. 2, p. 197-207, mar. 2018. ISSN 2621-9786. Available at: <http://www.jurnal.pnk.ac.id/index.php/jutek/article/view/173>. Date accessed: 17 may 2024. doi: https://doi.org/10.32511/juteks.v2i2.173.
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.